SOSIALISASI PERTANIAN CERDAS IKLIM (CSA) DESA PANJANGSARI

SOSIALISASI PERTANIAN CERDAS IKLIM (CSA) DESA PANJANGSARI

Pada hari ini Rabu 5 Oktober 2022 bertempat di aula balai desa Panjangsari diadakan pertemuan tentang Sosialisasi CSA (Climate Smart Agriculture) pada pukul 09.00 WIB. Acara tersebut diinisiasi oleh BPP Pertanian Gombong. Dalam pertemuan tersebut BPP mengundang 2 kelompok tani yang terdiri dari Eko Rahayu wilayah RW I dan Dwi Rahayu wilayah RW III. Peserta sosialisasi CSA berjumlah 50 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok tani masing-masing 25 orang. Dalam acara tersebut hadir sebagai narasumber pertanian yaitu Bapak Suharjo yang mewakili Bapak Kordinator BPP Cipwiyadi yang kebetulan juga menghadiri acara ditempat lain.

Hal-hal yang disampaikan oleh beliau adalah tentang keberadaan tanah sawah yang saat ini boleh dikatakan kritis karena petani terlalu banyak menggunakan pupuk kimia serta tidak diimbangi dengan pupuk organik.

Disamping itu perlu juga memanfaatkan pupuk organik terutama yang ada disekitar kita karena murah dan mudah tersedia. Pembahasan selanjutnya adalah tentang masalah ketersedianya pupuk pertanian karena semakin tahun ketersediaan kuota pupuk subsidi semakin berkurang. Dilain pihak harga pupuk non subsidi harganya melambung tinggi sehingga tidak terjangkau oleh petani. Adapun pupuk yang masih disubsidi pemerintah yaitu urea dan phonska.

Dalam pertemuan tersebut semua peserta dari masing-masing kelompok tani tampak antuasias dan memahami penjelasan yang disampaikan dari BPP tersebut. Dalam sesi lain-lain ada peserta yang bertanya tentang bantuan mesin panen/mesin Combine untuk mempercepat panen karena pada masa panen petani selalu kesulitan mencari buruh panen/derep.Kalaupun ada juga harus menunggu bergiliran dengan petani yang lain disebabkan buruh panen lokal sudah sangat terbatas.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan
Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan

Arsip Berita

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2